Jangan Suruh Suami Ambil Sendiri Pakaian di Lemari!

Ada “nasehat” untuk ibu-ibu: “ jangan suruh suami ambil sendiri pakaian di lemari”. Jika suami mengambil sendiri, biasanya pakaian ditarik. Akibatnya, pakaian-pakaian lain di atas dan di bawah ikut tertarik. Dan susunan pakaian dalam lemari jadi amburadul. Akibatnya, ibu-ibu lagi yang harus menata ulang.

Kalau yang ambil adalah ibu-ibu, maka tekniknya sudah tahu. Pakaian di sebelah atas diangkat dan dipindahkan dulu. Baru pakaian yang mau diambil sedikit diangkat dan ditarik. Setelah itu pakaian yang dipindahkan disimpan kembali.

Gambar 1 adalah contoh ketika satu pakaian yang disusun di lemari ditarik. Beberapa pakaian di atas dan di bawah ikut tertarik. Mengapa hal itu dapat terjadi? Kalau ditanya orang fisika, jawabannya pastik karena ada gaya gesekan yang berar antara pakaian yang ditarik dengan pakaian di sisi atas dandi sisi bawah? Apa benar? Mari kita ukur secara sederhana.

Gambar 1 Ketika pakaian yang disusun dilemari ditarik.

Kita akan ukur koefisiesn gesekan statis antara pakaian. Saya mengukur koefisien gesekan statis antara baju yang dilipat dengan kain sarung. Saya gunakan bidang miring. Baju diletakkan di atas papan yang dilapisi kain sarung. Bidang kemudian dimiringakn perlahan-lahan hingga baju tepat akan meluncur.

Gambar 2 Mengukur koefisien gesekan statis baju yang dilipat dengan kain sarung

Seperti diilustrasikan pad Gambar 2, baju baru meluncur ketika bidang dalam posisi hampir tegak. Saya perkirakan sudut kemiringan bidang sekitar \( \theta = 80^o \). Koefisien gesekan statis memenuhi persamaan \( \mu_s = \tan \theta \). dengan menggunakan perkiraan sudut kemitingan di atas, perkiraan koefisien gesekan statis antara baju dan kain sarung sekitar

\( \mu_s = \tan 80^o = 5,7 \).

Ini adalah koefisien gesekan statis yang sangat besar. Dengan koefieisn sebesar ini hampir pasti, jika satu pakaian ditarik maka pakaian di atas dan di bawahnya akan ikut ketarik. Dengan demikian, tidak ada cara lain utuk mengambil pakaian yang disusun di lemari kecuali dengan mengangkat dan memindahkan dulu pakaian di atasnya, baru pakaian tersebut diambil.

Jika ingin mengambil pakain dengan cara menarik maka perlu diantara dua pakaian disimpan lapisan plastik. Guna lapisan plastik adalah untuk mengurangi gaya hesekan. Tetapi saya belum mencoba apakan bisa atau tidak.

Cara lainnya adalah dari dinding belakang lemari terjuntai lembaran-lembaran plastik yang menempel di dinding. Ketika satu pakaian sudah disimpan makan lembaran plastik ditarik dan disimpan di atasnya. Setelah itu baru meletakkan pakaian berikutnya, kemudian lembaran plastik lagi. Dalam susunan seperti ini, maka ketika satu pakaian dirarik, pakaian di atas dan dibawahnya tidak ikur tertarik.

Jika merasa bermanfaat, silakan share dan like:

One thought on “Jangan Suruh Suami Ambil Sendiri Pakaian di Lemari!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *