022) Mengapa Mobil Mogok Mendadak di Atas Rel Kereta Api (pada Perlintasan)?

Banyak terjadi mobil mogok mendadat saat melewati rel kereta di perlintasan. Dan yang sering juga terjadi adalah mogoknya mobil terjadi ketika kereta segera melintas di perlintasan itu. Kejadian ini sering berakhir pada kecelakaan (mobil tertabrak kereta). Korban jiwa akan terjadi jika penumpang tidak sempat keluar menyelamatkan diri.

Ada pendapat bahwa penyebabnya adalah adanya medan nagnet yang sangat kuat sepanjang rel. Medan ini membuat mesin mobil mati mendadak. Saya kurang tahu maksudnya ini apa. Contohnya, Gambar 22.1 adalah screenshoot pernyataan salah seorang pakar LIPI dalam harian Solopos.

Gambar 22.1 Pernyataan pakar LIPI terkait mobil yang tiba-tiba mogok di rel kereta (sumber gambar: Solopos)

Saya tidak paham ini medan magnet ini sumbernya dari mana. Karena medan magnet timbul kalau di situ ada arus listrik yang mengalir (ingat hukum Biot-Savart). Arus listrik mengalir kalau ada benda potensial antara dua titik si sebelah kiri dan sebelah kanan perlintsan. Untuk kereta yang posisinya masih beberapa ratus meter dari pintu perlintasan, kira-kira dari mana bisa muncul arus listrik pada posisi perlintasan. Apalagi jika kereta yang melintas adalah kereta diesel. Kereta diesel tidak menggunakn arus pada rel. Arus listrik yang  digunakan pada kereta diesel hanya arus persinyalan (barangkali) dan itu tidak besar.

Mungkin fenomena ini bisa jadi topik penelitian siswa SMA dan sederajat. Mengukur langsung apakah ada medan magnet di rel yang akan dilintasi kereta diesel. Caranya bagaimana? Pakai cara kasar saja, yaitu menggunkan sensor medan magnet pada smartphone. Install aplikasi tersebut dari play store.

Caranya adalah

  1. Datang ke tempat perlintasan kereta api. Minta ijin pada penjaga pintu perlintasan untuk menyimpan smartphone di sekitar rel yang akan dilewat kereta. Kalau perlu bawa surat keterangan dari sekolah. Rekam medan magnet saat kereta mulai agak jauh hingga melintas dan meninggalkan perlintasan.
  2. Amati apakah memang ada medan magnet yang dideteksi? Dan kalau ada, apakah besar?
  3. Untuk mengetahui kira-kira besarnya berapa, ukur juga medan magnet di sekitar loudspeker. Bandingkan dengan nilai yang diukur di rel. Kira-kira besar yang mana?

Sumber gambar fitur: ayo.semarang.com

Jika merasa bermanfaat, silakan share dan like:

6 thoughts on “022) Mengapa Mobil Mogok Mendadak di Atas Rel Kereta Api (pada Perlintasan)?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *